Senin, 05 Agustus 2019

Tips Ampuh Bagaimana Caranya Agar Jadi Kreatif




Anak muda zaman now wajib kudu kreatif guys. Kalo kita gak kreatif, dijamin bakalan kalah saing dalam kompetisi kehidupan. Karena kehidupan ini emang seperti kompetisi guys, siapa yang bersungguh-sungguh dalam mengejar impiannya maka dialah yang akan menjadi pemenang. Orang yang kutu buku aja bisa kalah lho sama orang yang kreatif. Apalagi zaman sekarang semua serba instant dan berbasis teknologi, jadi kalo ga ngikutin perkembangan zaman bisa digilas ama kompetitor. Makanya kamu harus cari tau gimana jurusnya  agar kita bisa jadi kreatif.




Gimana guys udah ketemu belum jurusnya?. Kalo belum ketemu, tenang ajaa...

Aku bakal kasih kamu tujuh jurus biar jadi kreatif..

Ini dia jurusnya...

Here We Go...

1.    Be Smart
Kamu harus punya pengetahuan luas agar punya sumber untuk berkreativitas. Biasanya semakin luas wawasan seseorang maka dia akan semakin kreatif. Karena dia memiliki sumber informasi dan referensi dalam mengembangkan ide-idenya. Nah untuk menambah wawasan dan  pengetahuan kamu, kamu harus lebih sering membaca, mengumpulkan kliping, menonton berita, searching informasi ter update diinternet, dan lain-lain.

2.    Write Your Ideas
Biasain buat nulis apa aja yang kamu pikirkan, lumayan buat ngurangin beban daya ingat kamu. Lagi pula neh guys, biasanya disaat kita menulis sering banget keluar ide-ide dari aspek pemikiran yang tadinya terpendam.

3.    Be an Artist
Maksudnya bukan jadi sok ngartis loh yaa.. Tapi kamu bisa mengisi waktu luang kamu dengan kegiatan seni yang sangat berguna untuk meningkatkan kreativitas. Misalnya menggambar, berpuisi, menari ataupun mengarang. Lewat kegiatan-kegiatan ini tentunya bisa melatih imajinasi kita untuk berpikir lebih luas.

4.    Humour Please
Ternyata humor itu sangat diperlukan loh untuk meningkatkan kreativitas. Soalnya dengan humor kita bisa berpikir secara cekatan, bereaksi kreatif, melatih kemampuan, menangkap dan melahirkan surprise. Karena dengan humor kita bisa berfikir lebih liar, tanpa dihalangi aturan-aturan kaku dalam berfikir. Gak heran dong ya, orang yang memiliki selera humor yang baik, pasti lebih kreatif dibandingkan orang yang gak punya selera humor sama sekali.

5.    Be a Detective
Untuk menjadi kreatif kamu bisa melakukan pemusatan perhatian pada hal-hal tersembunyi dari suatu masalah. Misalnya menciptakan resep masakan baru, mengeksplor alam dengan traveling ke tempat-tempat baru, mencari tau campuran-campuran yang terkandung dalam sebuah warna atau rasa, mengungkap kasus yang sedang terjadi dilingkungan terdekat kamu, dan lain-lain. Dengan berfikir sepert detective, berarti kita telah melatih otak untuk berfikir kreatif dalam menyelesaikan masalah.

6.    Be Innovative
Coba deh kamu olah lagi barang-barang lama kamu agar bisa menjadi baru. Misalnya nih baju-baju lama kamu, bisa kamu sulap jadi baru lagi, dengan menambahkan pernak-pernik, renda, atau mungkin payet, dijamin deh pasti jadi tambah kece. Atau bisa juga dengan mendaur ulang barang-barang yang udah rusak ato gak kepake, diubah fungsinya menjadi sesuatu yang baru, misalnya kamu bisa mengubah botol bekas minuman menjadi tempat pensil lucu, atau membuat hiasan dinding dari serpihan pecahan kaca atau keramik. Dan masih banyak lagi. Just Be Innovative ya guys...

7.    Ideally
Dengan membayangkan sesuatu yang ideal, itu bakal ngebantu kita untuk terbuka dengan hal-hal baru. Jadi kalo kita lagi menghadapi suatu masalah, kita bayangin aja kondisi idealnya seharusnya seperti apa?.  Setelah kamu bisa membayangkan kondisi ideal dari suatu permasalahan, baru deh kamu bisa mengimprovisasi hal-hal tersebut dengan ide-ide baru kamu. Tapi yang pasti neh guys, kumpulin dulu semua ide-ide yang kamu punya, kemudian sharing ide-ide kamu itu. Jadi dengan begitu kamu bisa memilah mana ide-ide yang masuk akal dan bisa kamu wujudkan.

1 komentar:

Enam Hal Penting Yang Wajib Kamu Ketahui Untuk Menjadi Calon Ibu

Sebagai seorang wanita yang baru saja resmi menikah, pastilah timbul banyak pertanyaan dibenak kamu, bagaimana cara mempersiapkan d...