Selasa, 13 Agustus 2019

Tips Ampuh Memulai Hidup Sehat




 
1.      Tuliskan Tujuan, Keinginan, dan apa saja Visi Kesehatan Kamu. 
Misalnya Kamu bisa membayangkan diri kamu tiga atau sampai lima tahun kedepan. Pola hidup sehat seperti apa yang akan kamu jalankan. Atur Tujuan kegiatan untuk Tiga Bulan dan mingguan, berdasarkan visi kesehatan kamu. Tujuannya harus bersifat spesifik, terukur, berbasis tindakan, realistis dan dengan manajemen waktu yang tepat dan terarah.

2.      Buatlah Daftar Hambatan yang Sering Kamu Hadapi Ketika Kamu Memulai Pola Hidup Sehat.
Cobalah kamu tentukan mana yang benar-benar menjadi hambatan, dan temukan solusi untuk bisa mengatasi hambatan tersebut. Misalnya salah satu yang menjadi hambatan kamu untuk bisa memulai pola hidup sehat adalah sulitnya mencari waktu untuk berolahraga dikarenakan jadwal bekerja yang cukup padat. Maka, kamu harus mengatur kembali jadwal kerjamu dan mencari waktu yang bisa kamu pergunakan untuk berolahraga minimal 2 kali seminggu untuk tahap awal.

3.       Rencanakan.
Buatlah tabel rencana untuk mencapai tujuan, termasuk solusi yang akan kamu lakukan untuk mengatasi rintangan. Lalu tuliskan kata jarang atau pernah untuk setiap aktivitas sehat yang kamu lakukan.  Cara ini cukup fleksibel, tetapi memerlukan kegigihan, dan yang penting harus terasa menyenangkan. Kamu harus berkomitmen untuk menjalani aktivitas sesuai dengan tabel yang sudah dibuat. Termasuk langkah-langkah yang akan kamu ambil untuk mencapai tujuan.

4.       Tulis Keinginan dan Alasan Kamu.
Kedua hal ini harus menjadi bagian dari catatan atau jurnal kamu. Atur sedemikian rupa sehingga mudah untuk diterapkan. Jadwalkan pula waktu untuk membuat aktivitas santai pada Jurnal kamu.  Kamu juga bisa menggunakan jurnal itu untuk mengungkapkan perasaan-perasaan kamu atas setiap keberhasilan yang sudah kamu lakukan. Lihat hasilnya, kamu pasti kagum pada setiap cara yang sudah kamu terapkan.

5.       Mulailah Menjalankan Rencana pada Jurnal Kamu, dimanapun Kamu Berada.
Kamu harus meyakini, menerima keadaan, dan memulai langkah yang berarti. Ini sangat diperlukan untuk meraih sebuah pencapaian. Akan tetapi kalau kamu berhadapan dengan kenyataan-kenyataan yang tidak mendukung rencana kamu, tidak ada salahnya kamu melakukan konseling dengan pakar kesehatan.

6.       Tetapkan Satu Langkah Tepat.
Ambillah langkah-langkah tertentu untuk mencapai tujuan dan membuatnya sesuai dengan gaya hidup kamu. Misalnya Kamu adalah sesorang yang sangat dinamis dan modern. Sehingga sangat bergantung kepada gadget yang akan sangat membantu segala rutinitas kamu. Tidak ada salahnya kamu menciptakan satu langkah sehat dengan membuat satu hari tanpa gadget dan menikmati hari tersebut dengan berbagai akvitas yang menyehatkan kamu, berkumpul bersama keluarga, menikmati alam, dan lain-lain.

7.       Belajar dari Kegagalan.
Kalau kamu gagal menerapkan aktivitas sehat yang sudah kamu tulis dalam tabel jurnal, maka cobalah perbaiki di waktu yang lain. Lebih baik mundur selangkah untuk maju dua langkah dan mengubahnya menjadi sesuatu yang positif. Jadikanlah evaluasi sebagai pembelajaran dan untuk mencapai tujuan yang sudah kamu tetapkan.

8.       Luangkan Waktu untuk Membersihkan Rumah.
Rumah yang berantakan tentunya tidak baik bagi kesehatan. Jadi buatlah daftar akvitas kamu dirumah dan tegaskan mana yang tidak memberikan konstribusi pada tujuan pola hidup sehat kamu secara keseluruhan. Berkonsentrasilah pada kegiatan yang membawa arti bagi hidup kamu dan orang lain.

9.       Berhenti Membandingkan Diri Kamu dengan Orang Lain.
Mungkin setiap hari kamu memandangi gambar-gambar tubuh ideal nan sempurna, sehingga kamu mulai memimpikan gambaran tubuh tersebut akan benar-benar terjadi pada tubuh kamu. Let’s get real guys!! gambar- gambar itu hanyalah rekayasa komputer, pencahayaan yang diseting sedemikian rupa, make-up artist professional, atau bahkan mungkin saja itu adalah hasil operasi plastik. Jadi berhentilah membandingkan diri kamu dengan sebuah fantasi. Berusahalah menjadi yang terbaik, sesuai dengan kemampuan kamu dan hargailah setiap usaha yang telah kamu raih.

10.   Beri Reward untuk Diri Sendiri atas Pencapaian yang telah Kamu Lakukan.
Berpikirlah positif tentang diri kamu sendiri dan hargailah diri kamu sendiri dengan memberikan reward atas prestasi yang sudah dicapai. Misalnya makan direstoran favorit, nonton bersama pasangan di bioskop, beli baju baru, memanjakan diri kesalon, dan lain-lain. Yang paling penting hal tersebut dapat memberikan kontribusi untuk kebahagiaan kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Enam Hal Penting Yang Wajib Kamu Ketahui Untuk Menjadi Calon Ibu

Sebagai seorang wanita yang baru saja resmi menikah, pastilah timbul banyak pertanyaan dibenak kamu, bagaimana cara mempersiapkan d...