Kamis, 08 Agustus 2019

Hal-hal yang Harus Kamu Ketahui Seputar Batik


Motif batik erat kaitannya dengan berbagai macam perlambang. Setiap batik memiliki kekhasan dan keunikannnya tersendiri. Seperti Pemujaan keagungan alam, keyakinan atau kepercayaan, adat istiadat, budaya suatu daerah dan pengharapan akan pencapaian hidup. Selain itu batik juga disebut kain bergambar yang memiliki pola dan cara penggambaran khusus dengan cara menempelkan atau menuliskan malam (zat lilin) pada kain tersebut dan dilanjutkan dengan pengolahan lainnya. Batik Indonesia telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya kemanusiaan pada 2 oktober 2009.

Tidak hanya motifnya yang beragam, namun tiap motif memiliki filosofi serta artinya masing-masing. Batik sendiri berasal dari bahasa Jawa yaitu amba yang artinya menulis serta titik yang artinya titik. Jika digabungkan, arti dari kata batik ini adalah menulis titik-titik. Hampir tiap daerah di Indonesia memiliki motif tersendiri pada kain batiknya. Ini membuat motif tertentu akan dinamai berdasarkan nama daerah asalnya. Sebagai contoh adalah batik motif Cirebon, Pekalongan, Banyumas, dan lain-lain. Motif yang beragam ini juga akan dipengaruhi oleh ciri khas serta keyakinan di tiap daerah. Total motif yang tercatat pada kain batik sekarang adalah 30 jenis motif. Tiap motif memiliki ciri khas serta maknanya masing-masing. Bisa dikatakan bahwa dari selembar kain batik, kita akan belajar banyak seputar kehidupan dan sejarah masa lampau.


Motif Batik Nusantara
Dari sekian banyak motif batik yang ada di pasaran, beberapa di antaranya adalah motif yang populer dan bisa ditemukan dengan mudah, diantaranya adalah sebagai berikut :

1.      Batik Motif Sekar Jagad
Batik ini memiliki makna keindahan serta kecantikan sehingga membuat siapapun yang melihatnya akan terpesona. Ada pula yang menafsirkan motif sekar jagad ialah bentuk pulau-pulau seperti motifnya. Ini karena dalam bahasa Jawa, kar jagad artinya adalah peta dunia. Motif ini bisa dikatakan turut menggambarkan peta dunia yang berisi serangkaian pulau-pulau.



2.      Batik Motif Sidomukti Magetan.
Motif ini berasal dari Kabupaten Magetan serta gambar dasarnya adalah bambu. Seperti motif-motif batik pada umumnya, batik motif Sidomukti Magetan biasa dipakai pada upacara adat ataupun acara-acara resmi lainnya. Makna serta filosofi dari batik ini adalah mendapat ketenangan lahir dan batin.



3.      Batik Motif Keraton
Motif ini awalnya sangat ekslusif karena rakyat biasa takkan diperkenankan memakainya. Hanya Sultan dan keluarganya saja yang diperbolehkan memakai batik motif Kraton ini. Namun belakangan, peraturan ini telah dicabut dan rakyat biasa diperbolehkan memakai motif ini. Penyebab ekslusifnya motif Kraton tak lepas dari penemu awalnya adalah para putri kraton Yogya yang masih anggota keluarga Sultan.



4.      Motif batik Jepara.
Motif ini dibagi dalam dua jenis, yaitu motif lama serta motif baru. Motif lama umumnya berpola warna lung hitam, flora dan fauna, gajah coklat serta ulir hijau. Sementara motif baru akan memiliki lebih banyak variasi. Batik Jepara juga terkenal akan sebutan Batik Kartini.




5.      Batik Solo.
Ciri khasnya adalah biasa juga disebut Batik Sogan serta motifnya berwarna kecokelatan. Batik Solo masih menggunakan konsep tradisional dengan menggunakan bahan-bahan pewarna alami. Filosofi motifnya adalah gelombang-gelombang pada Sungai Bengawan Solo yang turut membawa ketenangan.





Cara Merawat Kain Batik

  • Gunakan larutan khusus untuk pencucian kain batik agar motif kain tidak mudah pudar.
  • Jangan gunakan mesin cuci, cukup rendan saja sebentar.
  • Jemur kain bagian dalam dan cukup dianginkan.
  • Hindari sinar matahari secara langsung.
  • Setrika kain pada bagian dalam. Jika perlu menyetrika bagian luar, lapisi dengan kain tipis agar motif tidak cepat pudar.


Paduan Serasi Kain Batik

  • Jika ingin memakai tema adat tradisional klasik, maka biasanya kain batik dipadukan dengan Kebaya Jawa klasik bukaan depan sebatas pinggul, yang terbuat dari bahan bludru atau velvet. Sebagai aksen biasanya kebaya tersebut diberi hiasan berupa sulam emas yang atraktif.
  • Jika ingin sedikit modern batik bisa dipadukan dengan kebaya lace yang modern berhiaskan payet.
  • Jika ingin tampil bergaya dramatis dan trendi, pilihan kebaya panjang menyapu lantai bisa menjadi alternatif pilihan yang sangat cantik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Enam Hal Penting Yang Wajib Kamu Ketahui Untuk Menjadi Calon Ibu

Sebagai seorang wanita yang baru saja resmi menikah, pastilah timbul banyak pertanyaan dibenak kamu, bagaimana cara mempersiapkan d...